TEORI HUKUM Saripati Pemikiran Teoritisi Hukum


TEORI HUKUM  Saripati Pemikiran Teoritisi Hukum 

Buku ini dapat dijadikan pegangan bagi dosen dan mahasiswa dalam rangka menemukan kristilasisasi pokok-pokok pikiran teoritisi hukum terutama mahasiswa Pascasarjana. Saripati yang penulis himpun merupakan ikhtiar untuk melengkapi referensi yang sudah ada sehingga kajian atau riset yang dilakukan oleh pemerhati hukum menjadi lebih sempurna terutama yang terkait dengan aspek penelusuran perjalanan intelektual teoritisi hukum. Belajar dari cara berfikir sampai menemukan teori hukum para intelektual merupakan perjalanan spritual dan intelektual untuk memberikan kontribusi terhadap disiplin ilmu hukum.
Sejarah banyak mencatat bahwa tidak ada suatu teori hukum yang sia-sia dan bertahan sepanjang masa. Semua teori hukum akan difalsifikasi atas dasar data dan fakta empiris dan hal ini menyimpulkan bahwa tidak ada sesuatu yang sia-sia jika mempelajari sejarah teori hukum.
Tidak hanya cukup menguasasi konsep teori hukum saja, seorang akademisi hukum juga semakin sempurna jika analisisnya didasarkan atas kemampuan mengkritisi teori hukum berdasarkan kasus hukum yang terjadi di masyarakat dan ketajaman kritikan memberikan nilai tersendiri bagi akademisi untuk menemukan sejatinya kebenaran ilmu pengetahuan.
Lebih baru Lebih lama